Pages

Senin, 23 Agustus 2010

Iedereen beroemd!

TULISAN INI MUNGKIN MENGANDUNG SPOILER!
Oleh: Rio Johan (Rijon)
Sutradara: Dominique Deruddere
Pemain: Josse De Pauw, Eva van der Gucht, Werner De Smedt, Thekla Reuten, Victor Löw

Tahun Rilis: 2000
Judul Internasional: Everybody's Famous!

Ini mungkin nominator Best Foreign Language Oscar terlemah yang pernah saya tonton, terlepas dari itu, Everyboy's Famous adalah komedi caper yang terlalu menarik untuk dilewatkan.

Everybody's Famous termasuk komedi situasional yang ringan. Film ini juga contoh character driven plot yang cukup bagus. Everybody's Famous mengkomedikan sepercik bagian dari bisnis entertainment. Berkisah tentang Jean (Josse De Pauw), seorang bapak yang terobsesi melejitkan putrinya, Marva (Eva van der Gucht), menjadi penyanyi terkenal. Marva gendut – jelas bukan tipe penyanyi hot nan seksi yang bakal digandrungi. Marva sebenarnya bisa bernyanyi – Marva bernyanyi merdu di sebuah pentas teater boneka di depan anak-anak TK. Tapi Marva, bisa dibilang, tidak PD dengan dirinya sendiri ketika diharuskan menanyi di atas panggung menghadap orang ramai. Marva bahkan mengira penyanyi wanita yang ngetop di TV pasti sudah meniduri puluhan nama produser. Marva selalu mengikuti kontes menyanyi, tapi tidak pernah menang. Mendapat tanggapan bagus pun tidak.

Jean mendapatkan kesempatan. Di tengah frustasi, Jean berjumpa Debbie (Thekla Reuten), seorang penyanyi pop ngetop yang kebetulan hobi otomotif dan sedang day off (berlibur sehari). Jean memanfaatkan kesempatan. Bersama teman kerja yang senasib dengannya, Willy (Werner De Smedt), Jean menculik Debbie. Jean mengancam manajer Debbie, Michael (Victor Löw), untuk membuatkan single buat Marva. Keadaan makin kacau ketika situasi berpindah ke tangan Michael yang ternyata punya rencana sendiri. Michael berjanji bakal mengorbitkan Marva, asalkan Jean setuju mendekap Debbie selama yang dia mau. Ditambah kacau ketika Debbie dan Willy diam-diam jatuh cinta satu sama lain.

http://2.bp.blogspot.com/_FWlFbU673eI/THNUSxt9wZI/AAAAAAAABFQ/LXJUZfc6nho/s1600/b00005oslr01sclzzzzz.jpg

Situasi komedik yang dihadirkan memang sangat hangat dan menghibur. Memang tokoh dan suasana yang ditampilkan terasa sangat komikal. Tapi di sini lah letak keberhasilan Everybody's Famous: peletakan humor-humor komikal yang tepat dan sesuai (tidak miskin, tidak pula over). Tokoh-tokohnya juga sanga menyenangkan, terutama Jean dan Marva. Ditambah penampilan solid pemain-pemainnya yang turut jadi pelengkap.

Komedi nominator Oscar ini cenderung ringan, terlalu ringan malah untuk diyakini sebagai nominator Best Foreign Language Oscar. Tipikal drama-drama keluarga, komedi ini termasuk yang sudah bisa ditebak bagaimana film ini berakhir (setidaknya sudah bisa samar-samar digambarkan). Walaupun begitu, terlepas dari terlalu ringan atau tidak untuk ukuran Oscar, humornya yang segar, jujur, dan tetap terasa elegan (tidak serta-merta asal dibuat kocak) membuat Everybody's Famous komedi yang layak untuk ditonton.

http://3.bp.blogspot.com/-R75uikEntM4/TWvFTSwAYZI/AAAAAAAACMc/8ZMgPBzkWLg/s1600/C%252B.bmp

Tidak ada komentar:

Posting Komentar