A film is - or should be - more like music than like fiction. It should be a progression of moods and feelings. The theme, what’s behind the emotion, the meaning, all that comes later.
~ Stanley Kubrick
IN A BETTER WORLD (2010) — What makes the friendship between Christian and Elias so special is how deeply and honestly Susanne Bier displays the emotional side of both children. Only by peering the eyes of the two actors, I can feel the all emotional reasons why they become such small terrorists. YOUNG TÖRLESS (1966) — Violence is not just a physical matter, but also psychological and emotional. In Young Törless, ethical ​​and subjective values ​​were so contradictory. Then the boundaries between good and evil even more vague. PHARAOH (1966) — Faraon is an evocative anatopism, also an astonishing colossal. A truly rare gem of its kind. Not only works as a visual declaration, Kawalerowicz also made it so carefully, so mesmerizing, yet so challenging. THE BOYS OF PAUL STREET (1969) — An ironic allegory not only for the face of war, but also the heart of it: militarism and nationalism. The irony in the end makes the two terminologies be absurd. SPIRITED AWAY (2001) — “What's in a name?” asked Shakespeare. “A name is an identity,” said this movie. MISS JULIE (1951) - Miss Julie is a very challenging study, whether psychological or situational. In a simple but smart way, Miss Julie presents the phases of a political game of love and seduction. MY NIGHT AT MAUD'S (1969) - Éric Rohmer not only talk about choices and risks of choices, there is also a glimpse the importance of choices and the pain of choices. My Night at Maud's, for me, is the most amazing movie about refracting those two opposing aspects of life. TEN (2002) — The use of "dashboard camera" method by Abbas Kiarostami is successfully providing such microscopic spectacle about the characters, not only on outside but also capable of making this movie as a unique character and gender study. THE PARTY AND THE GUESTS / A REPORT ON THE PARTY AND THE GUESTS (1966) — The allegory is not only the great thing about this Czechoslovak New Wave Cinema movie, but also its weirdness, its unnatural behavior, its peculiar plot, but the most of it is about how the movie smartly move without caution. ELEPHANT (2003) — Elephant is a piece of work that should be commended for its bravery. Such compliments are mainly intended to for Gus Van Sant's guts on using such non-linear and unusual narrative spectacle. Also packed with such unnatural risky styles which was really cost lot of guts.

Minggu, 31 Oktober 2010

La Boulangère de Monceau

TULISAN INI MUNGKIN MENGANDUNG SPOILER!
Oleh: Rio Johan (Rijon)Sutradara: Éric Rohmer
Pemain: Barbet Schroeder, Bertrand Tavernier, Claudine Soubrier, Michèle Girardon, Fred Junk, Michel Mardore

Tahun Rilis: 1963
Judul Internasional: The Bakery Girl of Monceau atau The Girl at Monceau Bakery

Film ini merupakan film pertama dari Contes moraux (Six Moral Tales) karya
Éric Rohmer.

Contes moraux kalau diartikan secara harfiah kurang lebih menjadi “Cerita-cerita moral.” Dan La Boulangère de Monceau, yang berdurasi sekitar 23 menit, adalah film pertama dari Six Moral Tales tersebut. Untuk gampangya, keenam film ini bisa saja disebut sebuah heksalogi.

An Officer and a Gentleman

TULISAN INI MUNGKIN MENGANDUNG SPOILER!
Oleh: Rio Johan (Rijon)Sutradara: Taylor Hackford
Pemain: Richard Gere, Debra Winger, Louis Gossett, Jr., David Keith, Lisa Blount, Lisa Eilbacher, Tony Plana, Harold Sylvester, David Caruso

Tahun Rilis: 1982

An Officer and a Gentleman
, sama seperti judulnya, menceritakan sebuah kisah cinta seorang pria yang berjuang menjadi seorang officer dan seorang gentleman. Sulit memang menemukan film-film tentang cinta (dengan level yang lebih serius, bukan romantic comedy) yang cukup menarik akhir-akhir ini, dan ya, tidak ada salahnya mencoba film percinta-cintaan yang dibuat 28 tahun yang lalu ini. Film Hollywood yang satu ini menawaarkan sebuah konsep cinta yang benar-benar berbeda pada film-film percintaan klise Hollywood umumnya.

Sabtu, 30 Oktober 2010

The Joneses

TULISAN INI MUNGKIN MENGANDUNG SPOILER!
Oleh: Rio Johan (Rijon)Sutradara: Derrick Borte
Pemain:
Demi Moore, Amber Heard, David Duchovny, Ben Hollingsworth, Gary Cole, Chris Williams, Glenne Headly, Lauren Hutton

Tahun Rilis: 2009

Konsumerisme selalu punya dua sisi, bisa saja berdampak positif, tapi bisa juga berdampak negatif. Apa saja bisa terjadi di tengah-tengah masyarakat konsumerisme ini, termasuk juga hal yang terjadi di The Joneses. Sekalipun, apabila dipikir lebih mendalam, apa yang ditunjukkan dalam The Joneses ini agaknya sulit diterapkan di kehidupan nyata, tetap saja premis yang dijanjikan terbilang cukup menggoda.

Jumat, 29 Oktober 2010

Deadly Pledge

TULISAN INI MUNGKIN MENGANDUNG SPOILER!
Oleh: Rio Johan (Rijon)Sutradara: Bert Kish
Pemain:
Leighton Meester, Kailin See, Lisa Marie Caruk, Agam Darshi, Meghan Ory, Adrian Petriw, Jessica Huras, Lara Gilchrist, Carlo Marks, Elyse Levesque, David Patrick Flemming

Tahun Rilis:
2007
Judul Alternatif: The Haunting of Sorority Row

Saya tidak akan berpanjang-panjang!

Samantha Willows (Leighton Meester), seorang mahasiswi baru, sedang menjalani masa perploncoan di asramanya. Masalahnya, ternyata asrama tersebut dihantui oleh seorang arwah seorang mahasiswi junior yang hendak menuntut dendam. Agak mengingatkan pada Sorrority Row, bukan? Faktanya, film ini memang kelihatan sekali berusaha menyuguhkan tontonan thriller/horror sekolahan era 1999-2000. Sebut saja I Know What You Did Last Summer dan sejenisnya.

Selasa, 26 Oktober 2010

Possession

TULISAN INI MUNGKIN MENGANDUNG SPOILER!
Oleh: Rio Johan (Rijon)
Sutradara: Joel Bergvall & Simon Sandquist
Pemain:
Sarah Michelle Gellar, Lee Pace, Tuva Novotny, Michael Landes, Chelah Horsdal

Tahun Rilis: 2009

Film ini merupakan dibuat berdasarkan sebuah film Korea Selatan, Addicted (2002) karya Park Young-hoon.

Jess (Sarah Michelle Gellar) punya kehidupan yang nyaris sempurna: pekerjaan mapan & suami yang selalu romantis setiap saat. Bayangkan saja, secara berkala suaminya, Ryan (Michael Landes), mengirimi surat cinta, menyusupkan bunga, bahkan bercinta, tentunya. Dengan mengesampingkan ketidaksiapan Jess untuk mempunyai anak, satu-satunya benalu dalam kesempurnaan hidupnya adalah kehadiran Roman (Lee Pace), saudara Ryan yang terkait kasus kriminal yang numpang tinggal di rumah Jess. Roman berbadan lebih besar daripada Ryan, lebih sangar, punya tatto besar di lengan, dan tidak pernah tanggung menampar pacarnya sendiri, Casey (Tuva Novotny). Kehadiran Roman selalu membuat Jess merasa nyaman (ketika Roman muncul ketika Jess dan Ryan sedang bercakar-cakaran di dapur, misalnya).