A film is - or should be - more like music than like fiction. It should be a progression of moods and feelings. The theme, what’s behind the emotion, the meaning, all that comes later.
~ Stanley Kubrick
IN A BETTER WORLD (2010) — What makes the friendship between Christian and Elias so special is how deeply and honestly Susanne Bier displays the emotional side of both children. Only by peering the eyes of the two actors, I can feel the all emotional reasons why they become such small terrorists. YOUNG TÖRLESS (1966) — Violence is not just a physical matter, but also psychological and emotional. In Young Törless, ethical ​​and subjective values ​​were so contradictory. Then the boundaries between good and evil even more vague. PHARAOH (1966) — Faraon is an evocative anatopism, also an astonishing colossal. A truly rare gem of its kind. Not only works as a visual declaration, Kawalerowicz also made it so carefully, so mesmerizing, yet so challenging. THE BOYS OF PAUL STREET (1969) — An ironic allegory not only for the face of war, but also the heart of it: militarism and nationalism. The irony in the end makes the two terminologies be absurd. SPIRITED AWAY (2001) — “What's in a name?” asked Shakespeare. “A name is an identity,” said this movie. MISS JULIE (1951) - Miss Julie is a very challenging study, whether psychological or situational. In a simple but smart way, Miss Julie presents the phases of a political game of love and seduction. MY NIGHT AT MAUD'S (1969) - Éric Rohmer not only talk about choices and risks of choices, there is also a glimpse the importance of choices and the pain of choices. My Night at Maud's, for me, is the most amazing movie about refracting those two opposing aspects of life. TEN (2002) — The use of "dashboard camera" method by Abbas Kiarostami is successfully providing such microscopic spectacle about the characters, not only on outside but also capable of making this movie as a unique character and gender study. THE PARTY AND THE GUESTS / A REPORT ON THE PARTY AND THE GUESTS (1966) — The allegory is not only the great thing about this Czechoslovak New Wave Cinema movie, but also its weirdness, its unnatural behavior, its peculiar plot, but the most of it is about how the movie smartly move without caution. ELEPHANT (2003) — Elephant is a piece of work that should be commended for its bravery. Such compliments are mainly intended to for Gus Van Sant's guts on using such non-linear and unusual narrative spectacle. Also packed with such unnatural risky styles which was really cost lot of guts.

Minggu, 01 Agustus 2010

Salt

TULISAN INI MUNGKIN MENGANDUNG SPOILER!
Oleh: Rio Johan (Rijon)
Sutradara: Phillip Noyce
Pemain:
Angelina Jolie, Liev Schreiber, Chiwetel Ejiofor

Tahun Rilis: 2010

SETAHUN yang lalu Angelina Jolie membuktikan kualitas aktingnya dengan nominasi Oscar melalui sebuah drama bestuan Clint Eastwood. Sebelumnya, Angelina Jolie sudah pernah mempertontonkan aksi-aksinya sebagai Tomb Rider. Jadi jangan heran kalau 2010 ini istri Brad Pitt ini mempertontonkan kembali aksi-aksi dalam “Salt.”

“Salt” bisa dibilang action thriller yang sangat mengobati di tengah-tengah film-film aksi yang dewasa ini umumnya tampil sekedar ala kadarnya. “Salt” punya plot, pastinya. Dan kalau saya harus menulis panjang lebar garis besar plot film ini, tentunya tidak akan menarik lagi bagi Anda sekalian yang belum menonton. Singkat saja, di sini Angelina Jolie memerankan seorang agen CIA, Evelyn Salt, yang dituduh sebagai mata-mata Rusia. Jolie melakukan banyak aksi di sini, mulai dari berlari dari kejaran CIA, beradu tinju, terjun dari jembatan ke atas mobil tangki yang sedang melaju, meloncat dari atas truk ke truk lainnya, bahkan Jolie merakit rocket launcher-nya sendiri.

Jelas sekali semua aksi yang ditampilkan di sini nyaris tidak mungkin terjadi, atau kasarnya “tidak masuk akal.” Melompat dari atas tangki mobil yang sedang melaju cepat ke atas mobil lainnya sambil menghindari dentuman-dentuman peluru pistol, jelas sekali nyaris tidak mungkin dilakukan tampa cedera sedikitpun. Angelina Jolie, di film ini, melakukannya sangat sempurna. Tampa cacat. Lupakan saja soal logika fisik dalam aksi-aksinya. Bukankah sebagian film aksi juga bernasib serupa, kan? Sebanyak apapun musuh yang menerjang, sebanyak apapun peluru ditembakkan, tokoh utamanya selalu saja mampu bertahan. Sebagian besar aksi “Salt” berupa kabur-kaburan dan selinap-selinapan. Dan ya, beberapa aksi yang dilakukan Jolie (entah benar-benar Jolie atau stuntman atau apalah) cukup mengagumkan untuk ukuran aksi.

http://4.bp.blogspot.com/_FWlFbU673eI/TFY_GaiC_KI/AAAAAAAAA8Y/MOOaxSKsSz4/s1600/Salt+1.jpg

Bicara soal twist dan rahasia, jelas “Salt” juga punya rahasia-rahasia di balik ceritanya. Hanya saja, rahasia yang terkuak di masing-masing adegan bukan hanya sekedar untuk memberikan fakta tak terduga dan mengagetkan buat penonton, tapi juga difungsikan sebagai plot device baru untuk adegan aksi kejar-kejaran atau selinap-selinapan baru. Semua rahasia-rahasia yang terkuak satu-per-satu terhubung pada satu pertanyaan mutlak: “Apa tujuan Salt sebenarnya?”

Dan pertanyaan besar itu terjawab menjelang akhir film. Beberapa penonton sinikal, jelas sekali motif Salt bakal dinilai terlalu old-fashioned. Angelina Jolie di sini mempunyai misi menyelamatkan dunia dari bencana, spesifiknya Jolie bakal menyelamatkan timur tengah dari bencana nuklir. Spoiler, hahaha! Cerita semacam ini memang bukan barang baru. Sudah bertaburan kisah-kisah heroik dengan fakta semacam ini. Lupakan tentang ke-absurd-an aksi dan motifnya. Yang pasti plot film ini bisa dibilang terstruktur cukup rapi untuk ukuran film aksi (seperti yang sudah saya tulis sebelumnya, sebuah rahasia dikuakkan bukan sekedar untuk mengagetkan, tapi juga sebagai plot device baru untuk motif dan pertanyaan baru). Bahkan Angelina Jolie juga tampil prima di sini. Jolie sudah pernah memamerkan aksi-aksinya sebagai Tomb Rider. Jolie sudah memamerkan kualitas aktingnya di “Changeling.” Bahkan Jolie mampu berbicara dengan aksen yang terbilang rumit di “A Mighty Heart.” Maka tidak perlu heran bila Jolie mampu melafalkan aksen Rusia di sini (sekalipun sebenarnya saya tidak terlalu akrab dengan aksen Rusia).

Secara personal, sebagai film popcorn “Salt” sudah sangat cukup menampilkan hiburan yang seharusnya memang ditampilkan oleh film-film popcorn.

http://3.bp.blogspot.com/-R75uikEntM4/TWvFTSwAYZI/AAAAAAAACMc/8ZMgPBzkWLg/s1600/C%252B.bmp

1 komentar: