Oleh: Rio Johan (Rijon)
Sutradara: Roman Polanski
Pemain: Ewan McGregor, Pierce Brosnan, Olivia Williams, Kim Cattrall, Tom Wilkinson, Timothy Hutton, James Belushi, Eli Wallach
Tahun Rilis: 2010
Diangkat dari novel The Ghost Writer karya Robert Harris.
Ada sebuah fakta yang menarik dari The Ghost Writer yang disutradarai Roman Polanski (Cul-de-Sac, Rosemary's Baby, Chinatown, Tess, dll), film ini menampilkan seorang penulis bayangan (Ewan McGregor) yang sama sekali tidak diperkenalkan asal-usulnya, bahkan namanya, yang di sepanjang film berusaha menguak misteri dari sekian banyak fakta tentang seseorang yang menyewanya untuk menulis autobiografi.
Saya sendiri memang penggemar thriller-thriller-nya Roman Polanski, mulai dari film perdananya Nóż w wodzie, horror supranatural Rosemary's Baby, thriller psikologis Le locataire, sampai neo-noir Chinatown. Rasanya tidak berlebihan kalau saya katakan Roman Polanski adalah salah seorang sutradara yang benar-benar tahu betul cara membuat film-film sejenis ini (dan yang saya maksud bukan thriller yang hanya sekedar gore dan nudity).
The Ghost Writer bukan tipikal klasik seperti Rosemary's Baby, atau neo-noir seperti Chinatown, film ini jauh lebih modern dari segi pengemasan ketimbang dua masterpiece Roman Polanski itu. Dan kalau dibandingkan dengan Inception-nya Christopher Nolan atau Shutter Island-nya Martin Scorsese, The Ghost Writer malah tampil lebih sederhana. Dan kalau mau dilihat keseluruhan prestasi Roman Polanski, The Ghost Writer masih belum seberapa dibanding pencapaian terbaiknya. Walaubagaimanapun, dibalik kesederhanaan The Ghost Writer, ini lah salah satu dari segelintir thriller Hollywood yang paling saya nikmati 2010 ini (film lainnya adalah Winter's Bone yang saya tonton tepat setelah menonton The Ghost Writer).
The Ghost Writer menyajikan sesuatu yang agaknya terlupakan oleh Inception: penokohan yang kuat. Klien tokoh utama film ini adalah seorang mantan perdana mentri Inggris, Adam Lang (Pierce Brosnan). Adam Lang menyewa si penulis bayangan, dengan bayaran fantastis, untuk menlis autobiografinya. Atau lebih tepatnya, melanjutkan penulisan autobiografinya karena penulis sebelumnya tewas tenggelam di laut. Adam Lang sendiri dihadapkan pada tuntuan kejahatan perang, atas tuduhan penyiksaan terhadap tahanan terorisme dengan cara menyerahkan mereka pada CIA secara ilegal. Lalu ada Ruth Lang (Olivia Williams), istri Adam Lang, yang seakan-akan tampil sebagai istri yang kurang perhatian. Ruth cemburu dengan dominasi Amelia Bly (Kim Cattrall), asisten (sekaligus “selir”) Adam Lang. Ruth bahkan dengan gamblang merayu si penulis bayangan ke ranjang. Di sisi lain, Ruth ternyata jauh lebih paham poltik ketimbang Adam Lang, yang cenderung lebih mirip tokoh politik “karismatik.” Setiap tokoh ini punya misteri masing-masing dan setiap tokoh bisa saja menjadi si penjahat, setiap tokoh malah serasa punya motif masing-masing, suasana seperti ini lah yang disajikan Roman Polanski dalam The Ghost Writer. Satu fakta yang paling menarik dari The Ghost Writer adalah: semisterius apapun tokoh lainnya, tokoh utama lah yang paling misterius di film ini.
Seperti yang sudah saya bilang sebelumnya, The Ghost Writer tampil sesederhana mungkin, tapi tetap memberikan kepuasan yang cukup maksimal. Inilah thriller yang datang dari seorang masternya. Roman Polanski tidak hanya berhasil mengarhkan aktor-aktornya pada level meyakinkan (terutama Olivia Williams yang sangat berhasil menggoyang-goyangkan emosi Ruth dan Ewan McGregor sebagai si tokoh utama itu sendiri), tapi juga berhasil menyetir atmosfir dan misteri hingga level menggugah. Roman Polanski memang tidak mengedepankan layer-layer ploy yang rumit, seperti Inception dan Shutter Island, tapi lebih pada cara penceritaan naratif. Sialnya, cara ini terbukti sangat efektif pada The Ghost Writer. Dan pada akhirnya, film ini bahkan berhasil menyatukan fakta-demi-fakta hingga menjadi satu keutuhan.
Sutradara: Roman Polanski
Pemain: Ewan McGregor, Pierce Brosnan, Olivia Williams, Kim Cattrall, Tom Wilkinson, Timothy Hutton, James Belushi, Eli Wallach
Tahun Rilis: 2010
Diangkat dari novel The Ghost Writer karya Robert Harris.
Ada sebuah fakta yang menarik dari The Ghost Writer yang disutradarai Roman Polanski (Cul-de-Sac, Rosemary's Baby, Chinatown, Tess, dll), film ini menampilkan seorang penulis bayangan (Ewan McGregor) yang sama sekali tidak diperkenalkan asal-usulnya, bahkan namanya, yang di sepanjang film berusaha menguak misteri dari sekian banyak fakta tentang seseorang yang menyewanya untuk menulis autobiografi.
Saya sendiri memang penggemar thriller-thriller-nya Roman Polanski, mulai dari film perdananya Nóż w wodzie, horror supranatural Rosemary's Baby, thriller psikologis Le locataire, sampai neo-noir Chinatown. Rasanya tidak berlebihan kalau saya katakan Roman Polanski adalah salah seorang sutradara yang benar-benar tahu betul cara membuat film-film sejenis ini (dan yang saya maksud bukan thriller yang hanya sekedar gore dan nudity).
The Ghost Writer bukan tipikal klasik seperti Rosemary's Baby, atau neo-noir seperti Chinatown, film ini jauh lebih modern dari segi pengemasan ketimbang dua masterpiece Roman Polanski itu. Dan kalau dibandingkan dengan Inception-nya Christopher Nolan atau Shutter Island-nya Martin Scorsese, The Ghost Writer malah tampil lebih sederhana. Dan kalau mau dilihat keseluruhan prestasi Roman Polanski, The Ghost Writer masih belum seberapa dibanding pencapaian terbaiknya. Walaubagaimanapun, dibalik kesederhanaan The Ghost Writer, ini lah salah satu dari segelintir thriller Hollywood yang paling saya nikmati 2010 ini (film lainnya adalah Winter's Bone yang saya tonton tepat setelah menonton The Ghost Writer).
The Ghost Writer menyajikan sesuatu yang agaknya terlupakan oleh Inception: penokohan yang kuat. Klien tokoh utama film ini adalah seorang mantan perdana mentri Inggris, Adam Lang (Pierce Brosnan). Adam Lang menyewa si penulis bayangan, dengan bayaran fantastis, untuk menlis autobiografinya. Atau lebih tepatnya, melanjutkan penulisan autobiografinya karena penulis sebelumnya tewas tenggelam di laut. Adam Lang sendiri dihadapkan pada tuntuan kejahatan perang, atas tuduhan penyiksaan terhadap tahanan terorisme dengan cara menyerahkan mereka pada CIA secara ilegal. Lalu ada Ruth Lang (Olivia Williams), istri Adam Lang, yang seakan-akan tampil sebagai istri yang kurang perhatian. Ruth cemburu dengan dominasi Amelia Bly (Kim Cattrall), asisten (sekaligus “selir”) Adam Lang. Ruth bahkan dengan gamblang merayu si penulis bayangan ke ranjang. Di sisi lain, Ruth ternyata jauh lebih paham poltik ketimbang Adam Lang, yang cenderung lebih mirip tokoh politik “karismatik.” Setiap tokoh ini punya misteri masing-masing dan setiap tokoh bisa saja menjadi si penjahat, setiap tokoh malah serasa punya motif masing-masing, suasana seperti ini lah yang disajikan Roman Polanski dalam The Ghost Writer. Satu fakta yang paling menarik dari The Ghost Writer adalah: semisterius apapun tokoh lainnya, tokoh utama lah yang paling misterius di film ini.
Seperti yang sudah saya bilang sebelumnya, The Ghost Writer tampil sesederhana mungkin, tapi tetap memberikan kepuasan yang cukup maksimal. Inilah thriller yang datang dari seorang masternya. Roman Polanski tidak hanya berhasil mengarhkan aktor-aktornya pada level meyakinkan (terutama Olivia Williams yang sangat berhasil menggoyang-goyangkan emosi Ruth dan Ewan McGregor sebagai si tokoh utama itu sendiri), tapi juga berhasil menyetir atmosfir dan misteri hingga level menggugah. Roman Polanski memang tidak mengedepankan layer-layer ploy yang rumit, seperti Inception dan Shutter Island, tapi lebih pada cara penceritaan naratif. Sialnya, cara ini terbukti sangat efektif pada The Ghost Writer. Dan pada akhirnya, film ini bahkan berhasil menyatukan fakta-demi-fakta hingga menjadi satu keutuhan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar