A film is - or should be - more like music than like fiction. It should be a progression of moods and feelings. The theme, what’s behind the emotion, the meaning, all that comes later.
~ Stanley Kubrick
IN A BETTER WORLD (2010) — What makes the friendship between Christian and Elias so special is how deeply and honestly Susanne Bier displays the emotional side of both children. Only by peering the eyes of the two actors, I can feel the all emotional reasons why they become such small terrorists. YOUNG TÖRLESS (1966) — Violence is not just a physical matter, but also psychological and emotional. In Young Törless, ethical ​​and subjective values ​​were so contradictory. Then the boundaries between good and evil even more vague. PHARAOH (1966) — Faraon is an evocative anatopism, also an astonishing colossal. A truly rare gem of its kind. Not only works as a visual declaration, Kawalerowicz also made it so carefully, so mesmerizing, yet so challenging. THE BOYS OF PAUL STREET (1969) — An ironic allegory not only for the face of war, but also the heart of it: militarism and nationalism. The irony in the end makes the two terminologies be absurd. SPIRITED AWAY (2001) — “What's in a name?” asked Shakespeare. “A name is an identity,” said this movie. MISS JULIE (1951) - Miss Julie is a very challenging study, whether psychological or situational. In a simple but smart way, Miss Julie presents the phases of a political game of love and seduction. MY NIGHT AT MAUD'S (1969) - Éric Rohmer not only talk about choices and risks of choices, there is also a glimpse the importance of choices and the pain of choices. My Night at Maud's, for me, is the most amazing movie about refracting those two opposing aspects of life. TEN (2002) — The use of "dashboard camera" method by Abbas Kiarostami is successfully providing such microscopic spectacle about the characters, not only on outside but also capable of making this movie as a unique character and gender study. THE PARTY AND THE GUESTS / A REPORT ON THE PARTY AND THE GUESTS (1966) — The allegory is not only the great thing about this Czechoslovak New Wave Cinema movie, but also its weirdness, its unnatural behavior, its peculiar plot, but the most of it is about how the movie smartly move without caution. ELEPHANT (2003) — Elephant is a piece of work that should be commended for its bravery. Such compliments are mainly intended to for Gus Van Sant's guts on using such non-linear and unusual narrative spectacle. Also packed with such unnatural risky styles which was really cost lot of guts.

Rabu, 03 November 2010

Ma nuit chez Maud

TULISAN INI MUNGKIN MENGANDUNG SPOILER!
Oleh: Rio Johan (Rijon)
Sutradara: Éric Rohmer
Pemain:
Jean-Louis Trintignant, Françoise Fabian, Marie-Christine Barrault,Antoine Vitez, Léonide Kogan, Guy Léger, Anne Dubot, Marie Becker, Marie-Claude Rauzier

Tahun Rilis: 1969
Judul Internasional: My Night at Maud's

Film ini merupakan film ketiga dari Contes moraux (Six Moral Tales) karya Éric Rohmer.


Adalah sebuah pemikiran yang salah bila menganggap film yang terlalu banyak dialog adalah sesuatu yang buruk, Abbas Kiarostami serta Ethan Hawke dan Julie Delpy sudah membuktikannya. Dalam film ketiga dari Six Moral Tales ini, Éric Rohmer lebih bertopang pada dialog ketimbang narasi voice over seperti pada kedua film sebelumnya. Dalam My Night at Maud's, Éric Rohmer memanfaatkan dialog seefektif mungkin, sehingga dialog di film ini sama pentingnya dengan perbuatan-perbuatan fisik yang dilakukan tokohnya.

Mereka yang sudah menonton dua film sebelumnya dari Six Moral Tales mungkin dengan gampang bakal beranggapan kalau My Night at Maud's mengusung tema yang serupa. Malahan, film ini terkesan seperti sebuah pengembangan dari film sebelumnya (lebih ke arah The Bakery Girl of Monceau daripada Suzzane's Career). Film ketiga ini juga bercerita tentang boy meets girl, boy meets another girl, and boy made a choice between those girls. Mungkin lebih tepat disebut man ketimbang boy (dan woman ketimbang girl). Film ini juga menhdirkan tokoh utama seorang pria tanpa nama (Jean-Louis Trintignant) yang bisa dibilang variasi dari dua tokog utama di film sebelumnya. Pria ini seorang insinyur. Pria ini punya idealisme dan prinsip yang kuat, skeptis, dan dihadapkan pada situasi pelik di mana semua prinsipnya tersebut bakal diuji. Sekali lagi, Éric Rohmer memberikan tontonan di mana situasi memermainkan prinsip tokoh utamanya: dengan menunjukkan perbedaan antara apa yang si pria ucapkan dan apa yang si pria lakukan. Sekalipun inti dari My Night at Maud's merupakan pengulangan dari dua film pendahulunya, Éric Rohmer tidak pernah membosankan dalam menceritakannya.

Di sebuah misa di suatu gereja, si pria melihat seorang wanita cantik berambut pirang (Marie-Christine Barrault), yang langsung menarik perhatiannya. Si pria ini membuntuti wanita itu, dalam sebuah narasi voice over, si pria berkata, “That Monday, December 21st, I suddenly knew, without a doubt, that Françoise would be my wife.” Narasi tersebut menandakan bahwa cerita di film ini adalah kisah lampau, sama halnya dengan dua film pendahulunya.

Marksisme, Kristianisme, dan Maud

Selanjutnya, ketimbang bertemu lagi dengan Françoise, si pria ini malah bertemu dengan teman lamanya, Vidal (Antoine Vitez), seorang profesor filsafat, seorang penganut Marksisme, dan, menilai dari dialog dan caranya berbicara, seorang pria yang lebih pandai perihal perempuan ketimbang si tokoh utama. Pertemuan keduanya berakhir dengan sebuah diskusi soal teori probabilitas Pascal. Percakapan yang berat untuk diikuti, memang. Tapi bukan inti percakapan mereka yang jadi inti persoalan, melainkan diri mereka lah dan apa posisi mereka dalam permasalahan tersebut: si pria membahas probabilitas dari sisi matematik, sementara Vidal memandang dari sisi filosofis, si pria penganut Kristen, sementara Vidal penganut Markisme; dan pada adegan-adegan selanjutnya bakal diketahui keduanya mempunyai pandangan yang berbeda soal wanita dan percintaan (jelas tokoh utama ini lebih penyendiri ketimbang Vidal). Ingat, Marksisme tergolong ajaran terlarang di Indonesia tidak lain karena kritik-kritiknya yang dinilai anti-agama.

Singkat cerita, pada malam Natal, Vidal mengundang temannya itu ke kediaman seorang janda, Maud (Françoise Fabian), yang diakui sebagai teman dekatnya. Alasan (pura-pura) Vidal mengundang si pria adalah karena dia takut bakal berakahir di ranjang bersama Maud bila hanya ada mereka berdua. Di kediaman Maud ini, percakapan-percakapan intelektual pun bergulir lagi, tapi lebih ke arah seputar prinsip Kristianisme si pria. Di sini lah letak kesempurnaan My Night at Maud's besutan Éric Rohmer. Film ini punya setting yang tepat, dengan tokoh dan karakter yang tepat, dialog yang tepat, dan pada kondisi dan situasi yang tepat pula. Bayangkan: si pria seorang penganut Kristen, Vidal seorang penganut Marksisme, dan disempurnakan dengan kehadiran Maud seorang janda yang bukan Kristen dan bukan pula Marksisme. Dan di kediaman Maud ini, situasi pun serasa berputar-putar bagi si pria.

Sebuah Telaah tentang Pilihan

Banyak informasi tentang tokoh utama yang bisa didapatkan dari dialog tersebut, salah satunya adalah kenyataan bahwa si pria ini dulunya juga termasuk pria yang gonta-ganti pacar, dan kemudian tobat ketika mendalami Kristen. Bisa diketahui juga kalau pria ini termasuk pria-pria berpikiran sempit: dia hanya mau menikahi seorang wanita Kristen (malah, dia hanya mau menikahi gadis pirang yang dilihatnya di gereja) dan dia menyatakan ketidaksetujuannya (dengan cara halus) tentang perceraian. Terlihat cukup jelas juga kalau hampir di sepanjang itu kalimat-kalimat yang keluar dari mulutnya cukup ketus terhadap Maud. Dan Maud, seorang wanita yang berpikir simpel dan terbuka, justru malah terlihat makin menggali si pria. Sampai di klimaksnya, Vidal pergi, dan si pria ditinggal berdua bersama Maud. Mulanya si pria menolak ajakan tidur di samping Maud, dan memutuskan untuk tidur di atas sofa, atas nama prinsipnya. Namun, akhirnya si pria memutuskan untuk tidur di samping Maud, dengan jaminan Maud tidak akan menyenyuhnya. Dan pagi harinya, pergulatan pun terjadi. Sayangnya si pria memutuskan untuk berhenti di tengah ronde, dan berakhir dengan kalimat, “I prefer people who know what they want,” dari mulut Maud.

Dari sini (yang sebenarnya baru sampai pertengahan film) sudah bisa dilihat kalau My Night at Maud's menyentuh cukup banyak aspek, tidak hanya Kristen vs Marksisme, perkataan vs perbuatan, dan prinsip vs kesenangan tanpa batas (teori probabilitas Pascal), tapi juga menyentuh prinsip penting soal pilihan. Bedanya dengan dua film pendahulunya, pilihan dibahas lebih mendalam di film ini. Kalau mau dilihat dari permukaan, My Night at Maud's adalah film tentang seorang pria yang menolak kesenangan bersama Maud (wanita yang lebih bebas) karena lebih memilih Françoise (wanita yang lebih kaku dan klasik), atas dasar prinspinya.

Sejauh yang saya tahu, inti dari teori Pascal's Wager adalah sesorang harus berani “berjudi” (mengambil risiko) atas kemungkinan takdir Tuhan. Salah satu dari enam Pascal's Wager berbunyi, “Ada sebuah kebahagian infinit (tidak terhitung) yang bisa diraih, sebuah kemungkinan yang bisa didapat melewan beberapa kemungkinan kalah yang finit (terhitung).” Kalau dikondisikan pada Pascal's Wager, situasi yang dihadai si pria kira-kira: Maud mewakili prinsip Pascal (yang tidak sesuai dengan prinsip Kristianisme si pria) dan Françoise mewakili prinsip Kristianisme si pria. Ada perbandingan antara pilihan berisiko (alternatif) dan pilihan idealis (yang nyaris tidak berisiko).

Pada akhirnya, Éric Rohmer tidak hanya sekedar membahas pilihan dan risiko dalam pilihan, dari endingnya (yang tidak akan saya bocorkan), terdapat kilasan tentang betapa pentingnya suatu pilihan dan betapa menyakitkannya suatu pilihan. My Night at Maud's, bagi saya, adalah film yang paling berhasil membiaskan dua aspek kehidupan yang berlawanan itu.

http://3.bp.blogspot.com/-QGA-QkdIoTs/TWvGq9uGtoI/AAAAAAAACM0/TsDlRMUCbMg/s1600/A%252B.bmp

8 komentar:

  1. Kalo saya perhatiin dari cara review kamu yang lebih berkutat pada content dibanding hal teknis, review film ini juga jadi telaah buat pribadi ya, a good view deh, it means film juga jadi sarana self learning buat kamu
    Honestly, gue baru pertama kali dengen MNaM ini, dapet filmya download apa nyari dikoleksi lama nih Rio?
    imho, kayaknya film ini mungkin bermaksud menyindir orang2 yg mengatasnamakan agama sebagai dasar dari do's and don't mereka, tapi apa itu prinsip mereka? belum pasti juga,
    agama kan bagian dr institusi sosial yang emang uda terbentuk ritus ataupun norma2nya, manusia membutuhkan agama buat mengontrol nafsu mereka, gue justru ngebayangin si pria tanpa nama itu justru sebetulnya berhasrat pengen banget do something ke Maud, tapi secara norm agama melarangnya, dia terpaksa menuruti
    itu pilihannya karna dia tahu kalo dia gak nurut, dia dianggap menyimpang,
    tema seperti ini (tanpa embel2 marx ataupun kristen) sebetulnya masih relevan kok hingga sekarang,
    gampangnya, seperti yang kamu tulis, dan saya setuju banget, hidup adalah pilihan, tinggal kitanya aja yang mau nentuin bawa hidup kemana karna kebahagiaan memang benar2 gak bisa dihitung, bahkan dalam nominal kurs apapun :D

    BalasHapus
  2. @moviegasm:

    Makasih Mbak atas komentarnya.
    Kalau yang dimaksud dengan "teknis" di sini mencakup juga urusan skenario, dan dialog juga tentunya. Rasanya di awal aku sedikit menyinggung dialog. Dulu, di awal-awal bikin blog, aku masih suka menulis berbasa-basi soal teknis, "Aktingnya bagus, sinematografi cantik, bla bla bla." Makin ke sini, rasanya yang semacam itu seperti basa-basi. Maksudku, bukan berarti pembahasan teknis tidak lebih penting dari konteks lo, tapi kalau tidak benar-benar ada yang "spesial" dari segi teknis (ataupun konteks) untuk dibahas, rasanya terlalu mubazir kalau cuma sekedar bilang, "Ininya bagus, itunya bagus."

    Aku punya review yang membahas masalah teknis (karena memang patut dibahas menurutku): http://resensi-resensi-film.blogspot.com/2010/10/ten.html

    Lagipula gak semua jenis film juga cocok dibahas dengan cara "interpretasi" seperti ini, karena memang gak semua film memerlukan interpretasi yang mendalam. Film-film teen flick dan rom-com klise misalnya. Apa yang mau dibahas secara mendalam (kritis) dari Never Been Kissed, Bring it On, dan semacammnya?

    My Night at Maud's ini Download. :D

    Soal konteks kegamaan dalam My Night at Maud's. Pada dasarnya film ini lebih ke arah "human nature"-nya itu sendiri ketimbang keagamaannya. Seperti yang aku tulis di atas, film ini termasuk dalam kelompok enam film (semacam heksalogi) bikinan Éric Rohmer. Namanya Six Moral Tales. Ini film ketiga dari Six Moral Tales.

    Film ke-1: http://resensi-resensi-film.blogspot.com/2010/10/la-boulangere-de-monceau.html
    Film ke-2: http://resensi-resensi-film.blogspot.com/2010/11/la-carriere-de-suzanne.html

    Secara tematik maupun konseptual, filmnya bisa dibilang sejenis. Dan memang cuma MNaM ini yang menggunakan bumbu Kristiani di dalamnya.

    Perbuatan vs perkataan ada di dua film sebelumnya, dan sama dengan film ini: lebih pada "human nature" (tabiat manusia). Maksudku, gak cuma sekedar mencakup masalah agama semata, banyak orang yang ketika ngomong lebih senang sama cewek tipe begini-begini-begini, tapi pada kenyataannya malah dapat yang sebaliknya. Atau tidak suka melakukan ini-ini-ini, tapi malah dilakukan. Itu contoh sederhana dan gampanya saja.

    Yup, seperti yang Mbak Anggraini bilang, memang tema seperti itu tetap relevan bahkan samapai sekarang. Dan ya, kalau memang mau dilihat di filmnya, si pria itu memang pingin melakukan "sesuatu" ke Maud. But ya, he had "prinsip." Dan kurasa itu lah yang bikin film era New Wave ini masih tetap dianggap salah satu karya terbaik Éric Rohmer.

    BalasHapus
  3. Ini film favorit saya! Satu-satunya yang saya suka dari Six Moral Tales-nya Rohmer. Maud-nya keren banget! Reaksinya saat ketemu Jean Louis dan Francoise di pantai, ketika akhirnya Maud tahu siapa ternyata gadis pirang di gereja itu, betul2 bikin perasaan campur aduk.

    Blognya juga bagus. Kok bisa sih nulis resensi sesering ini? :)

    BalasHapus
  4. film ini sedang menunggu di HD saya untuk ditonton. Saya suka ulasan anda. Jadi tidak sabar untuk segera mengeksekusi. :)

    BalasHapus
  5. ikutan mampir juga nie, tak banyak yang bisa saya komentari. yang pasti blognya bermanfaat sekali..

    i-tasik.blogspot.com

    BalasHapus
  6. hemmmmm, film Prancis yaa

    c'est bon,

    kapan Indonesia bkin film beginian

    merci merci

    BalasHapus
  7. Terimakasih atas perhatiannya, semoga bermanfaat

    BalasHapus
  8. gagnlegar upplýsingar
    ÞAKKA ÞÉR FYRIR tillögu :-)
    safn af lyfjum til að sigrast á sjúkdómnum legi
    =======================================================
    obat miom

    obat miom

    obat miom

    obat miom

    obat miom
    ========================================================

    BalasHapus