A film is - or should be - more like music than like fiction. It should be a progression of moods and feelings. The theme, what’s behind the emotion, the meaning, all that comes later.
~ Stanley Kubrick
IN A BETTER WORLD (2010) — What makes the friendship between Christian and Elias so special is how deeply and honestly Susanne Bier displays the emotional side of both children. Only by peering the eyes of the two actors, I can feel the all emotional reasons why they become such small terrorists. YOUNG TÖRLESS (1966) — Violence is not just a physical matter, but also psychological and emotional. In Young Törless, ethical ​​and subjective values ​​were so contradictory. Then the boundaries between good and evil even more vague. PHARAOH (1966) — Faraon is an evocative anatopism, also an astonishing colossal. A truly rare gem of its kind. Not only works as a visual declaration, Kawalerowicz also made it so carefully, so mesmerizing, yet so challenging. THE BOYS OF PAUL STREET (1969) — An ironic allegory not only for the face of war, but also the heart of it: militarism and nationalism. The irony in the end makes the two terminologies be absurd. SPIRITED AWAY (2001) — “What's in a name?” asked Shakespeare. “A name is an identity,” said this movie. MISS JULIE (1951) - Miss Julie is a very challenging study, whether psychological or situational. In a simple but smart way, Miss Julie presents the phases of a political game of love and seduction. MY NIGHT AT MAUD'S (1969) - Éric Rohmer not only talk about choices and risks of choices, there is also a glimpse the importance of choices and the pain of choices. My Night at Maud's, for me, is the most amazing movie about refracting those two opposing aspects of life. TEN (2002) — The use of "dashboard camera" method by Abbas Kiarostami is successfully providing such microscopic spectacle about the characters, not only on outside but also capable of making this movie as a unique character and gender study. THE PARTY AND THE GUESTS / A REPORT ON THE PARTY AND THE GUESTS (1966) — The allegory is not only the great thing about this Czechoslovak New Wave Cinema movie, but also its weirdness, its unnatural behavior, its peculiar plot, but the most of it is about how the movie smartly move without caution. ELEPHANT (2003) — Elephant is a piece of work that should be commended for its bravery. Such compliments are mainly intended to for Gus Van Sant's guts on using such non-linear and unusual narrative spectacle. Also packed with such unnatural risky styles which was really cost lot of guts.

Senin, 03 Januari 2011

What Ever Happened to Golden Globe?

http://4.bp.blogspot.com/_FWlFbU673eI/TSL67Cu7DPI/AAAAAAAAB44/qXsI9_wxwQE/s1600/2011-Golden-Globes.jpg

Kamis 16 Desember 2010 silam, nominasi Penghargaan Golden Globe yang ke-68 pun diumumkan. Nominasi-nominasi tersebut dipilih oleh Hollywood Foreign Press Association (HFPA). Sebagian nominasi memang dianggap layak (oleh publik perfilman), sebagian lagi, sayangnya, malah menimbulkan pertanyaan dan perprotesan (apalah itu artinya). Inilah tanggapan singkat serta pilihan saya dari nominasi-nominasi tersebut. Perlu diperhatikan juga, tidak semua film yang ada di nominasi itu sudah saya tonton, seperti The Fighter misalnya.


Best Motion Picture - Drama

http://3.bp.blogspot.com/_FWlFbU673eI/TSL-2gr0SwI/AAAAAAAAB5A/VK0QeDXXHww/s1600/Kinema.jpg

Black Swan
The Fighter

Inception
The King's Speech
The Social Network


Menilai dari skor yang diperoleh film-film tersebut di Rotten Tomatoes, nominasi di kategori ini sudah solid. Dari semua nominasi tersebut, baru Black Swan, Inception, dan The Social Network yang sudah saya tonton. Kelima film tersebut bisa dibilang merupakan tiga film yang paling banyak disorot kritik di 2010 silam. Malah cukup mengejutkan beberapa judul lain yang juga jadi sorotan kritikus malah tidak masuk, sebut saja True Grit dan 127 Hours. Untuk Inception, mengingat tahun lalu Golden Globes lebih memilih Avatar ketimbang The Hurt Locker, film maka saya rasa besutan Chirstopher Nolan tersebut punya peluang lebih besar di Golden Globes ketimbang di Academy Awards (Oscar). Walaupun begitu, Inception jelas harus bersaing keras dengan empat film lainnya. Menilai dari trailer dan premisnya, karena saya belum melihat filmnya secara utuh, saya rasa The Fighter adalah nominasi terlemah dikategori ini. Tapi itu hanya penilaian saya sementara.

Pilihan saya: The Social Network
Pilihan cadangan: Black Swan


Best Motion Picture - Comedy or Musical

http://3.bp.blogspot.com/_FWlFbU673eI/TSL_jCgypkI/AAAAAAAAB5I/CJrm_7owIi8/s1600/Kinema.jpg

Alice in Wonderland
Burlesque
The Kids Are All Right
Red
The Tourist

Berkebalikan dengan kategori Drama, nominasi di kategori Komedi atau Musikal malah sangat menyedihkan. The Kids Are All Right merupakan satu-satunya film yang dinilai pantas menduduki nominasi ini. Bisa dilihat di Rotten Tomatoes, juga di tanggapan-tanggapan para user situs tersebut (di bawah daftarnya). Film yang sudah saya tonton di kategori ini cuma Alice in Wonderland, The Kids Are All Right, dan Red. Saya sama sekali tidak menyukai Alice in Wonderland. Sedangkan Red, menghibur, memang, tapi saya rasa film tersebut masih jauh untuk ukuran nominator penghargaan sebergengsi Golden Globe. Malah sejujurnya masih banyak judul-judul lain yang lebih pantas dari empat nominator tersebut, sebut saja di antarnya: Tamara Drewe, Cyrus, Made in Dagenham, bahkan film komedi remaja Easy A pun jauh lebih pantas.

Pilihan saya: The Kids Are All Right
Pilihan cadangan: -


Best Director

http://4.bp.blogspot.com/_FWlFbU673eI/TSMDiktcx5I/AAAAAAAAB5Q/5gYqFdxXQas/s1600/Kinema.jpg

Darren Aronofsky - Black Swan
David Fincher - The Social Network
Tom Hopper - The King's Speech
Christopher Nolan - Inception
David O. Russell - The Fighter

Lagi-lagi, berdasarkan pilihan yang dijatuhkan Golden Globe tahun lalu, Christopher Nolan punya peluang lebih besar memenangkan kategori ini di ajang Golden Globes ketimbang Academy Awards (Oscar). Tapi tetap saja terjadi persaingan ketat di kategori ini. Saya sama sekali belum menonton The King's Speech dan The Fighter, dan saya rasa saya tidak bisa menilai penyutradaraan hanya dari premis dan skor kritikus. Untuk itu, anggap saja dua film itu blind spot saya.

Pilihan saya: Darren Aronofsky - Black Swan
Pilihan cadangan: David Fincher - The Social Network


Best Performance by an Actor in a Motion Picture - Drama


http://3.bp.blogspot.com/_FWlFbU673eI/TSMEDvTnQ5I/AAAAAAAAB5Y/cRKqWJ6-RHA/s1600/Kinema.jpg

Jesse Eisenberg - The Social Network
Colin Firth - The King's Speech
James Franco - 127 Hours
Ryan Gosling - Blue Valentine
Mark Wahlberg - The Fighter

Saya belum menonton The Fighter, The King's Speech, Blue Valentine, dan 127 Hours. Dengan kata lain, baru satu film yang sudah saya tonton dari kategori ini. Penilaian saya selanjutnya hanya bertopang pada premis, trailer, dan hype-hyper-nya. Menurut saya, Jesse Eisenberg dan Colin Firth ialah dua kuda hitam dalam kategori ini.

Pilihan saya: Jesse Eisenberg - The Social Network
Pilihan cadangan: Colin Firth - The King's Speech


Best Performance by an Actress in a Motion Picture - Drama

http://1.bp.blogspot.com/_FWlFbU673eI/TSMFbkl96xI/AAAAAAAAB5g/vXDbVSLoBo4/s1600/Kinema.jpg

Halle Berry - Frankie and Alice
Nicole Kidman - Rabbit Hole
Jennifer Lawrance - Winter's Bone
Natalie Portman - Black Swan
Michelle Williams - Blue Valentine

Jujur saja, baru Black Swan dan Winter's Bone yang sudah saya tonton di kategori ini. Walaupun begitu saya berani bilang Natalie Portman sangat pantas mendapatkan Golden Globes (dan juga Oscar) untuk jerih payahnya. Jennifer Lawrance juga memberikan penampilan yang kuat untuk sebuah nominasi, sayangnya saya rasa Natalie Portman jauh lebih pantas.

Pilihan saya: Natalie Portman - Black Swan
Pilihan cadangan: Jennifer Lawrance - Winter's Bone


Best Performance by an Actor in a Motion Picture - Comedy or Musical

http://3.bp.blogspot.com/_FWlFbU673eI/TSMHzkJT9sI/AAAAAAAAB5o/0ctS8PzviIw/s1600/Kinema.jpg

Johnny Depp - The Tourist
Johnny Depp - Alice in Wonderland
Paul Gimatti - Barney's Version
Jake Gyllenhaal - Love and Other Drugs
Kevin Spacey - Casino Jack

Cuma Alice in Wonderland yang sudah saya tonton dari kategori ini. Jujur ini lah salah satu dari dua kategori yang paling membuat saya bingung harus memilih yang mana, bukan karena kelima-limanya bagus dan cemerlang, tapi karena saya sama sekali tidak tahu dan tidak terlalu antusias dengan kelima nominator tersebut. Terlibih dua nominasi untuk Johnny Depp, perlukah? Sebegitu jatuh cintanya kah para anggota HFPA. Saya sudah menonton Alice in Wonderland, tapi itu bukan penampilan yang spesial dari Johnny Depp (terlepas saya menyukai filmnya atau tidak). Untuk nominasinya di The Tourist, jelas ini penampilan yang berbeda dari Johnny Depp, tapi secemerlang itu kah sampai-sampai dianugerahi nominasi? Tidak adakah nominator lain dari komedi-komedi lain yang jauh lebih pantas? Di mana Mark Ruffalo (untuk penampilannya di The Kids Are All Right), yang saya rasa lebih pantas? Komedi-komedi Inggris? Buat fans aktor nyentrik itu, yah, Johnny Depp masih punya peluang kok untuk menang, apalgi mengingat HFPA sepertinya cinta sekali pada beliau. Tapi pilihan saya untuk kategori ini sepenuhnya akan saya percayakan pada Rotten Tomatoes (yah, saya harus memilih, kan?).

Pilihan saya: Paul Gimatti - Barney's Version
Pilihan cadangan: -


Best Performance by an Actress in a Motion Picture - Comedy or Musical

http://3.bp.blogspot.com/_FWlFbU673eI/TSMKMb9MCvI/AAAAAAAAB54/Qr9ZTPBj9aM/s1600/Kinema.jpg

Annette Bening - The Kids Are All Right
Anne Hathaway -
Love and Other Drugs
Angelina Jolie - The Tourist
Julianne Moore - The Kids Are All Right
Emma Stone - Easy A

Setidaknya nominasi aktris di kategori Komedi atau Musikal jauh lebih cerah bagi saya ketimbang nominasi aktornya. Nominasi untuk Angelina Jolie di The Tourist, bagi saya, sama berlebihannya dengan dua nominasi untuk Johnny Depp, sekalipun saya hanya menilai berdasarkan premis, hype, dan tanggapan kritikus. Kemana Sally Hawkins (untuk penampilannya di Made in Dagenham)? Atau Marisa Tomei di Cyrus? Jujur saja, saya lebih setuju nominasi untuk Emma Stone ketimbang Angelina Jolie (bukannya saya tidak suka dengan istri Brad Pitt ini, loh). Anne Hathaway? No comment (lebih tepatnya tidak terlalu mau berkomentar). Persaingan di sini hanya lah antara Annette Bening dan Julianne Moore. Dan menurut saya, Annette Bening punya peluang menang yang lebih besar.

Pilihan saya: Annette Bening - The Kids Are All Right
Pilihan cadangan: Julianne Moore - The Kids Are All Right


Best Performance by an Supporting Actor in a Motion Picture

http://2.bp.blogspot.com/_FWlFbU673eI/TSMMbTZX29I/AAAAAAAAB6A/6CsLiFQ9FiY/s1600/Kinema.jpg

Christian Bale - The Fighter
Michael Douglas - Wall Street: Money Never Sleeps
Andrew Garfield - The Social Network
Jeremy Renner - The Town
Geoffrey Rush - The King's Speech

Cuma The King's Speech dan The Fighter yang belum saya tonton di kategori ini. Saya sangat suka penampilan Andrew Garfield di The Social Network, saya rasa nominasi Golden Globe (atau malah Oscar) cukup pantas. Tapi perhatian saya justru jatuh pada Christian Bale dan Geoffrey Rush. Silahkan tonton trailer kedua film, dan perhatikan penampilan mereka di trailer tersebut. Ya, saya memang menilai The Fighter sebagi nominator terlemah di kategori Film Terbaik - Drama, tapi lain kasusnya dengan akting, kan? Sekalipun saya tidak terlalu tertarik dengan keseluruhan film The Fighter, saya justru tertarik untuk menyaksikan Christian Bale menang.

Pilihan saya: Christian Bale - The Fighter
Pilihan cadangan: Geoffrey Rush - The King's Speech


Best Performance by an Supporting Actress in a Motion Picture

http://1.bp.blogspot.com/_FWlFbU673eI/TSMOyPGvYwI/AAAAAAAAB6I/wqaCSPaFIbQ/s1600/Kinema.jpg

Amy Adams - The Fighter
Helena Bonham Carter - The King's Speech
Mila Kurnis - Black Swan
Melissa Leo - The Fighter
Jacki Weaver - Animal Kingdom

Kalau kategori Aktor Terbaik Komedi atau Musikal membuat saya bingung karena saya 100% blank ketika memilih nominatornya, kategori Aktris Pendukung Terbaik ini justru membuat saya bingung karena persaingan antar nominator terasa begitu kuat. Mungkin ini lah nominasi akting yang paling ketat persaingannya di ajang Golden Globes ini. Cuma The Fighter dan The King's Speech yang belum saya tonton di sini. Saya sangat suka penampilan Jackie Weaver dan Mila Kurnis. Dan saya juga sangat terpana melihat penampilan Helena Bonham Carter di trailer (walaupun baru di trailer). Sedangkan untuk Melissa Leo, hype-hype, para kritikus justru jatuh ke aktris underrated ini. Dan dari bau-bau trailer-nya, saya rasa penampilan terbaik di The Figter justru jatuh pada Melissa Leo, bukan Amy Adams, bukan Mark Wahlberg, bukan juga Christian Bale.

Pilihan saya: Melissa Leo - The Fighter
Pilihan cadangan: Helena Bonham Carter - The King's Speech


Best Foreign Language Film

http://2.bp.blogspot.com/_FWlFbU673eI/TSMRQWpn4TI/AAAAAAAAB6Q/HJcVO1HvJnY/s1600/Kinema.jpg

Biutiful - Meksiko, Spanyol
I Am Love (Io sono l'amore) - Italia
The Concert (Le Concert) - Perancis
The Edge (Край, Kray) - Rusia
In a Better World (Hævnen) - Denmark

Sangat kecewa karena banyak film-film favorit saya yang tidak disorot oleh Golden Globe di kategori ini, sebut saja Honey (Bal) pemenang Golden Bear dari Turki, Uncle Boonmee Who Can Recall His Past Lives pemenang Palme d'Or dari Thailand, Eu când vreau să fluier, fluier pemenang Silver Bear dari Romania, atau Film Socialisme bikinan Jean Luc-Goddard. Dari semua nominasi di atas, yang saya suka cuma I Am Love dan In a Better World. The Edge tidak terlalu spesial bagi saya. Saya sangat suka Amores Perros, tapi saya justru merasa Biutiful adalah film terlemah ketiga dari Alejandro González Iñárritu setelah 21 Grams (di posisi terlemah pertama) dan BABEL (di posisi terlemah kedua), walaupun Iñárritu sebenarnya baru menghasilkan empat feature film. Tidak buruk, hanya tidak spesial bagi saya. Kecuali kalau nama besar sutradara juga jadi pertimbangan kategori ini. Sebenarnya nama Susanne Bier kalah kalau harus bersaing nama, After the Wedding sempat masuk nominasi Oscar di kategori ini, dan Brothers-nya di-remake oleh Hollywood di 2009. Tetap saja saya lebih jatuh cinta pada kandidat dari Italia.

Pilihan saya: I Am Love (Io sono l'amore) - Italia
Pilihan cadangan: In a Better World (Hævnen) - Denmark


Best Animated Film

http://2.bp.blogspot.com/_FWlFbU673eI/TSMVb9HJ5BI/AAAAAAAAB6Y/RJc0qwA5p7g/s1600/Kinema.jpg

Despicable Me
How to Train Your Dragon
The Illusionist
(L'Illusionniste)
Tangled
Toy Story 3

Saya belum menonton Tangled dan The Illusionist. Namun, saya sangat tertarik dengan The Illusionist, apalagi sebelumnya saya cukup menyukai The Triplets of Belleville, film animasi yang juga dibuat Sylvain Chome (sutradara The Illusionist)

Pilihan saya: Toy Story 3
Pilihan cadangan: The Illusionist (L'Illusionniste)


Best Screenplay - Motion Picture

http://1.bp.blogspot.com/_FWlFbU673eI/TSMXH9CwdbI/AAAAAAAAB6g/Z0MhEdsMh3E/s1600/Kinema.jpg

127 Hours

Inception
The Kids Are All Right
The King's Speech
The Social Network

Inception
, lagi-lagi punya peluang di kategori ini, yang lebih besar di Golden Globes ketimbang di Academy Awards (Oscar). Inception mungkin memang diganyang-ganyang sebagai pemenang, atas kerumitan struktur plot-nya. Tapi, bagi saya, untuk urusan pencapaian skenario The Social Network jauh lebih pantas menang.

Pilihan saya: The Social Network
Pilhan cadangan: -


Best Original Song - Motion Picture

http://3.bp.blogspot.com/_FWlFbU673eI/TSMX-7M-YcI/AAAAAAAAB6o/6sqGu8Jabfg/s1600/Kinema.jpg

“Bound to You” oleh Christina Aguilera - Burlesque
“You Haven't Seen the Last of Me” oleh Christina Aguilera - Burlesque
“Coming Home” oleh Gwyneth Paltrow - Country Strong
“There's a Place for Us” oleh Carrie Underwood - The Chronicles of Narnia: The Voyage of the Dawn Treader
“I See the Light” oleh Mandy Moore & Zachary Levi - Tangled

Jujur saja, baru “You Haven't Seen the Last of Me” yang dinyanyikan oleh Christina Aguilera yang sudah saya dengar (via YouTube). Sisanya belum samas sekali.

Pilihan saya: “You Haven't Seen the Last of Me” oleh Christina Aguilera - Burlesque
Pilihan cadangan: -


Best Original Score - Motion Picture

127 Hours
Alice in Wonderland
Inception
The King's Speech
The Social Network

Jujur, saya bingung bagaimana harus mengomentari kategori sound ini. Yang sudah saya tonton, The Social Network, Inception, dan Alice in Wonderland, saya tidak merasakan ada sesuatu yang sangat-sangat spesial dari score film tersebut (atau saya yang kurang peka soal score?).

Pilihan saya: -
Pilihan cadangan: -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar